CB Modipalm Palmiteco Ripple Mill Pabrik Kelapa Sawit

Pabrik kelapa sawit semakin banyak didirikan sebagai wadah untuk mengolah hasil perkebunan sawit dalam negeri yang melimpah. Dalam praktiknya untuk menghasilkan crude palm oil atau CPO, PKS tentu membutuhkan berbagai perlengkapan dan peralatan memadai. Dimana salah satunya yaitu mesin ripple mill, yang berguna untuk menggiling buah kelapa sawit.

CB Modipalm Palmiteco Ripple Mill Pabrik Kelapa Sawit

 

Mesin Ripple Mill di PKS

1. CB Ripple Mill PKS

Kemunculan mesin ripple mill sudah ada sejak tahun 1997, dimana kala itu pengembangannya dimulai dari pemecahan kacang kedelai, biji kapas, dan juga bunga matahari. Seiring dengan perkembangannya, mesin ripple mill sekarang menjadi salah satu alat penting di pabrik kelapa sawit.

Dimana perangkat satu ini digunakan guna memecah biji sawit. Jadi, cangkang sawit akan pecah lalu didapatkan hasil produksi yang berupa kernel. Cara kerja dari ripple mill sendiri yaitu dengan cara rotor berputar di bagian yang diam, kemudian biji akan masuk di antara rotor tersebut sehingga akan saling berbenturan dan membuat pecah cangkang dari inti.

2. CB Modipalm Palmiteco Ripple Mill Pabrik Sawit

Dalam menjalankan fungsinya, ripple mill di pabrik kelapa sawit terdiri atas berbagai komponen. King cracker atau mesin pemecah biji tersebut dilengkapi atas rotor pulley, motor pulley, rotor disc, rotor bar, rotor rod, rotor tie rod collar, bottom frame, flange bearing, dan joint plate guna menjalankan fungsinya.

Sebelumnya, nut atau cangkang biji yang berasal dari dalam buah kelapa sawit sudah melalui beberapa stasiun terlebih dahulu. Sehingga menjadikannya berbentuk cangkang biji. Agar bisa memperoleh kernel yang apik, maka cangkang biji ini harus dipecahkan sedemikian rupa di stasiun inti yang mana komponen terkait bekerja menjalankan fungsi tersebut.

3. CB Nut Cracker Pabrik Kelapa Sawit

Mesin nut cracker untuk pabrik kelapa sawit biasanya disediakan dengan beberapa macam varian kapasitas. Mulai dari 4 T, 6T, 8T, yang bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan pengolahan di pabrik. Tentu semakin banyak buah kelapa sawit yang diolah dalam pabrik maka diperlukan mesin nut cracker dengan kapasitas yang besar pula.

Pada proses pemecahan biji ini, nantinya perlu diperhatikan kadar kelekangan di antara cangkang serta inti yang masih melekat. Pasalnya ketika proses tersebut berlangsung, maka kadar kekeringan dari biji perlu dimaksimalkan sehingga beban kerja dari mesin nut cracker menjadi tidak terlalu berat. Hal ini berlaku untuk semua mesin dengan varian kapasitas apapun.

4. CB Modipalm Palmiteco Pemecah Nut Pabrik Sawit

Pemecah nut bekerja dengan cara sistem jepit, lalu giling, kemudian kupas dan belah. Sehingga mesin satu ini akan memungkinkan inti utuh dapat dipertahankan. Jadi, demi melancarkan kemungkinan tersebut, maka diperlukan performa terbaik dari mesin satu ini. Dimana perawatan secara berkala akan membantu dalam mempertahankan kinerja King cracker pemecah nut PKS.

5. CB Modipalm Palmiteco Ripple Mill PKS

Ripple Mill di pabrik kelapa sawit selain perlu dilakukan perawatan berkala, tentunya juga harus digunakan dengan efisien sesuai kapasitas yang dimiliki. Apabila penggunaan mesin melebihi kapasitas, dikhawatirkan mesin akan mengalami overload dan rusak. Jika sudah begitu, maka anda perlu membawanya ke tempat service profesional atau para ahli.

Dengan fungsi yang mampu diberikan oleh mesin ripple mill, kehadiran dari alat satu ini sangat penting di sebuah pabrik kelapa sawit. Anda bahkan bisa menyediakan mesin nut cracker dengan kapasitas yang sesuai kebutuhan operasional pabrik. Kini, pemenuhan mesin ripple mill sudah bukan hal yang sulit lantaran di Indonesia sudah bisa ditemukan dan dilakukan pemesanan.

Beberapa merek Ripple Mill yg ada di industri Kelapa Sawit seperti KCM Kew Cracker, ROLEK / BOLEH PECA Super Cracker, EMI, MSB, GP, dll

 

 

Leave a Reply