Cara Perawatan Sparepart Sterilizer Automation System di Pabrik Sawit

Untuk menghasilkan minyak kelapa sawit dengan cara maksimal maka kuncinya ada di sterilizer. Dengan memanfaatkan tekanan steam yang berasal dari boiler maka akan memiliki fungsi maksimal untuk merebus buah segar di sebuah bejana. Apabila terjadi perebusan yang tidak sempurna, maka akan berpengaruh pada langkah untuk produksi minyak kelapa sawit. Nah yuk simak beberapa peranan proses pengolahan kelapa sawit berikut.

 

Sparepart Pintu Rebusan (Sterillizer) di Pabrik Kelapa Sawit

Ada beberapa bagian dari mesin sterilizer yang menjadikannya bisa bekerja secara maksimal. Pertama adanya unit stezilier yang dilengkapi dengan dua unit inti yang berfungsi sebagai tempat merebus tandan buah segar. Selain itu ada juga pipa dan velve inlet yang memiliki fungsi untuk memasukkan steam ke sterilizier. Bagian lainnya adalah pipa dan velve condesate yang berfungsi untuk pembuangan steam hasil kondensasi yang ditampung di blowdown chamber.

Tak hanya itu beberapa bagian seperti safety velve, cenrilever rail bridge, air compressor, alat pengukur dan lain sebagainya. Bagian bagian tersebut adalah komponen pendukung untuk alat pintu perebus atau starilizer. Metode perebusan di cages atau tong ini cukup bervariasi, jenis sterelizier yang memakai tong yang akan mengatur tekanan hingga triple dengan tekanan 3 bar.

Saat menjalankan 1st akan ditahan di 1,5 bar membutuhkan 15 hingga 20 menit, tujuannya adalah untuk mendorong udara yang ada di tabung perebusan. Udara yang ada di dalam bisa menimbulkan perubahan fase dari uap menjadi cair karena adanya perubahan suhu. Sementara saat 2nd peak maka akan ditahan di 2,5 bar selama 15 hingga 20 menit.

Tujuannya adalah untuk mendorong air condensate yang menggenang di bawah lain starilizier keluar melalui condensate velve. Air condensate yang menumpuk hingga menggenangi FBB bisa membuat oil loossess pada condensate meningkat. Proses untuk melakukan perebusan sendiri akan terjadi ada 3rd peak. Apabila sudah mencapai 3 bar, maka panahan steam akan ditahan selama 40 hingga 45 menit.

Cara Kerja Mesin Pintu Rebus Pabrik Kelapa Sawit

Saat memasuki tekanan ini maka diharapkan buah sudah ada pada kondisi yang matang sehingga akan siap untuk dilakukan proses selanjutnya. Namun ada juga bagian yang dinamakan emergency velve trip yang memiliki fungsi untuk menutupi aliran uap yang masuk ke casing secara otomatis apabila terjadi karena beberapa hal.

Pertama apabila terjadi putaran turbin yang terlalu tinggi dan melebihi batas karena akan mengakibatkan alat over seed trip Selain itu akan membuat alat bekerja dan mendorong tuas serta klep dengan berat. Kondisi kedua apabila putaran terlalu rendah sehingga akan berimbas ada tekanan minyak.

Hal ini kemudian berakibat minyak akan melepaskan tuas dan emergency velve yang menutup dengan cepat. Sparepart dari pintu rebusan ini adalah door packing pintu rebusan atau karet pintu rebusan. Bagian ini merupakan bagian penting dari pintu perebusan sawit. Banyak produsen penjual rebusan sawit atau jual karet pintu rebusan sawti terbaik. Anda harus membeli starillizer ini dengan kualitas yang bagus sehingga akan mempengaruhi produksi.

Itulah beberapa ulasan mengenai pintu pabrik rebusan sawit yang bisa membantu proses produksi minyak kelapa sawit dengan baik. Untuk menghasilkan minyak yang berkualitas alangkah baiknya anda memilih mesin yang bagus. Hal ini karena satilizier memiliki peran yang sangat penting untuk proses produksi minyak kelapa sawit. Tanpa adanya mesin ini maka produksi minyak kelapa tidak akan berjalan dengan baik.

Leave a Reply