Cara Perawatan EFB Shredder Alat Produksi Minyak yang Wajib Anda Tahu

EFB Shredder adalah salah satu alat yang digunakan untuk menghancrukan tandan kosong kelapa sawit. Dengan menggunakan alat ini maka tandan kosong yang sudah tidak digunakan lagi akan diubah menjadi fiber atau cacahan kecil kecil sehingga memiliki nilai ekonomi. Mesin ini memiliki cacahan tandang kosong dengan menggunakan mesin shredder 2 shaft. Yuk simak ulasan mengenai mesin EFB Shredder selengkapnya berikut.

 

Spesifikasi dan Fungsi EFB Shredder

Mesin ini memiliki beberapa komponen yang mendukung untuk membuatnya bisa bekerja dengan maksimal. EFB Shredder memiliki penggerak motor gearbox 10 PK yang dilengkapi dengan 7500 watt. Alat ini juga memiliki box panel, pisau yang memiliki panjang 40 cm dan diameter 20 cm. Bahan dari pisau tersebut adalah insert dengan dimensi chamber crusher 50 kali 40 cm.

Mesin ini memiliki fungsi untuk pengolahan kembali tumpukan tandan kosong kelapa sawit yang sudah tidak digunakan lagi. Tandan kosong kelapa sawit yang sudah dipisahkan akan menjadi sampah jika tidak diolah dengan benar.

Agar memiliki nilai jual yang lebih, kini tandan kosong tersebut kemudian dihancurkan menggunakan mesin shredeer ini. Hasilnya akan berupa fiber yang nantinya akan diubah lagi menjadi barang baru misalnya kertas EFB, pellet EFB, isi sofa atau jok dan lain sebagainya. Namun perlu anda ketahui juga jika EFB Shredder juga bisa digunakan sebagai mesin penghancur kertas.

Cara Perawatan Mesin EFB Shredder Kelapa Sawit

Karena mesin ini memiliki beberapa komponen penting maka anda harus memperhatikan bagaimana melakukan perawatan yang tepat untuk setiap bagiannya. Mesin shredder memiliki beberapa komponen seperti pisau, gear, motor dan juga gearbox. Masing masing bagian mesin ini memiliki cara perawatan yang berbeda. Pastikan anda menyimak dengan benar bagaimana perawatan setiap bagian ini ya.

Pertama adalah bagian pisau yang berada di mesin shredder yang memiliki fungsi untuk mengancurkan tandan kosong. Untuk perawatan pisau sendiri anda harus menjaga ketajaman pisau, hal ini karena berpengaruh pada kapasitas untuk memotong tandan sawit yang kosong. Kalau pisau tidak tajam maka tandan sawit tidak akan bisa terpecahkan dengan baik sehingga tidak bisa dimanfaatkan.

Untuk itu cobalah asah ketajaman pisau dengan menggunakan mesin gerinda. Namun jika pisau sudah benar benar pendek dan sudah aus, maka sebaiknya anda mengganti saja pisau tersebut dengan pisau yang baru. Komponen kedua adalah perawatan gear yang harus selalu dipastikan untuk tetap licin saat digunakan. Anda harus memastikan jika gear tidak karatan saat menggunakan greaser tersebut.

Terakhir perawatan motor gearbox yang harus dilakukan oleh ahlinya. Anda tidak bisa sembarangan memberikan perawatan saat bagian ini mengalami kerusakan. Sebagai pengguna anda hanya harus menjaga kebersihan dari motor gearbox dari debu dan kotoran lain yang masuk ke dalam rotor motor gearbox. Untuk geabox yang dilengkapi dengan cairan pastikan jika cairannya ada pada level yang cukup untuk mengetahui ketinggian cairan dari lubang kaca.

Itulah penjelasan mengenai cara perawatan yang harus anda lakukan untuk menjaga mesin EFB Shredder tetap memiliki kondisi mesin yang prima. Dengan memiliki pisau yang tajam maka mesin akan lebih mudah untuk memotong tandan kosong sawit yang sudah tidak terpakai. Sehingga tanda kosong ini akan memiliki daya jual yang bagus untuk menambah perekonomian.

Leave a Reply