Berkenalan Dengan Kernel Sawit Lebih Dekat

Kernel Sawit bagian dari buah sawit yang banyak manfaatnya,

Dalam pembuatan minyak kelapa sawit ada dua macam jenis minyak yakni minyak yang dibuat dari inti sawit dan juga dari bijinya atau palm kernel oil. Tentunya pengolahannya berasal dari pemerasan atau perebusan yang menghasilkan minyak sawit kasar. Kernel sawit sendiri merupakan sebutan lain dari biji atau inti dari buah kelapa sawit. Untuk mengetahui lebih lengkap silahkan simak ulasan berikut.

Mengenal Biji Atau Inti Sawit Lebih Dekat Beserta Kegunaanya

  1. Kegunaan Biji atau Inti Sawit

Salah satu kegunaan dari biji

atau inti sawit ini adalah digunakan untuk membuat palm kernel oil. Palm kernel oil ini digunakan sebagai bahan makanan seperti mentega atau minyak goreng. Tak hanya itu, dari minyak ini juga bisa dibentuk mnejadi bahan pangan yang lain yang tentunya membutuhkan sebuah mesin khusus. Biji atau inti sawit juga bisa digunakan sebagai minyak pelumas, makanan hewan, hingga perekat insektisida.

  1. Proses Pengolahan Kernel Jadi PKO

Untuk proses pengolahannya dilakukan dengan menimbang terlebih dahulu kernel agar mengetahui berat grossnya dan juga nettonya. Selanjutnya kernel dimasukkan ke dalam sebuah mesin yang menggunakan konveyor. Setelah itu kernel akan kembali di masukkan ke dalam mesin yang berguna untuk press yakni mesin crusher. Dari press tersebut akan menghasilkan minyak kernel sawit serta ampal atau bungkil. Bungkil ini nantinya bisa diolah menjadi pakan ternak.

  1. Proses Pengolahan Palm Kernel Oil

Pengolahan palm kernel oil atau PKO dilakukan dengan melakukan penimbangan terlebih dahulu. Selanjutnya melakukan loading bay yang berfungsi untuk tempat pembongkaran dari inti sawit. Inti sawut kemudian dimasukkan ke dalam silo inti yang bertujuan untuk penyimpanan sementara inti sawit. Selanjutnya tingak dilakukan screw press 1 dilanjutkan dengan bunker cake dan kembali ke screw press kedua. Jika sudah langsung ke bak screening dan niaga filter yang berakhir di tangki timbun.

  1. Proses Pengolahan Inti Sawit

Jika menginginkan sebuah minyak sawit maka juga harus adalah pengolahan khusus untuk bagian inti sawitnya. Tidak dilakukan secara manual, namun pengolahannya sudah menggunakan mesin khusus yang nantinya bisa memproses minyak inti sawit. Prosesnya juga hampir mirip pengolahan minyak yang lainnya yakni dengan press. Inti sawit atau kernel sawit merupakan minyak nabati yang kemudian di olah hingga menjadi minyak sawit.

  1. Mengenal Kernel Crushing Plant

Kernel crushing Plant merupakan mesin yang digunakan untuk memproses inti sawit hingga menjadi palm kernel mill atau kernel oil. Untuk mendapatkan mintak dibutuhkan maka proses yang harus dilakukan cukup beragam. Namun bisa diartikan jika tahapan ini semuanya dalam bentuk pressing. Pressing memang menjadi salah satu cara untuk bisa mengolah inti sawit hingga akhirnya bisa menghasilkan minyak yang berguna.

Dalam tahapannya ada dua pressing  yakni first press dan juga second press. Keduanya jelas menggunakan mesin tertentu untuk melakukan pressing sampai akhirnya minyak dari inti sawit bisa keluar. Yang membedakan proses pressingnya pertama dan kedua terletak di press worm dan juga collar yang terletak di bagian terluar cake. Dengan kedua tahapan ini maka kernel sawit bisa di olah dan bisa menghasilkan minyak sawit.

Dari ulasan tersebut tentunya akan membuat pembaca bisa sedikit memahami proses yang terjadi di dalam sebuah pabrik sawit. Prosesnya memang banyak menggunakan mesin namun bukan berarti tidak membutuhkan tenaga manusia. Karena pengoperasian mesin tetap harus dikerjakan oleh manusia. Karena banyaknya manfaat dari kernel membuat usaha sawit juga bisa terus berkembang.

Leave a Reply