Berfungsi Melunakkan Daging Kelapa sawit, Yuk Simak Sparepart Digester Pabrik Kelapa Sawit

Digester Pabrik Kelapa Sawit adalah salah satu mesin dalam pabrik kelapa sawit yang berfungsi untuk melumatkan buah sawit dengan cara diaduk menggunakan string arm. Kecepatan yang digunakan untuk mengaduk string arm ini sekitar 25 hingga 26 rpm. Mesin ini berfungsi untuk melunakan daging kelapa sawit agar dapat dipisahkan dari biji dan intinya dengan lebih mudah dan praktis. Untuk lebih jelasnya yuk simak ulasan tentang sparepart mesin digester yang perlu anda tahu.

Sparepart Digester untuk Pabrik Kelapa Sawit

1 Expeller Arm Digester

Agar hasil dari lumatan tetap terjaga dengan baik, ada beberapa sparepart mesin digester di pabrik kelapa sawit ini. Diantaranya adalah  long arm, short arm, epeller arm dan masih banyak lagi. Masing masing dari komponen mesin ini seperti pipa keluar, plat luar, rock wool, plat pelindung dan lain sebagainya. Seperti misalnya long arm dan short arm digester yang merupakan salah satu komponen yang berada di dalam mesin.

Long arm dan short arm pada mesin digester memiliki fungsi untuk melumatkan atau melunakkan buah kelapa. Buah kelapa yang sudah dipisahkan dengan intinnya kemudian dimasukkan dalam mesin digester yang kemudian di lumatkan atau cincang oleh long arm dan short arm ini.

  1. Expeller Arm digester di Pabrik Kelapa Sawit

Expeller arm adalah salah satu komponen yang berada di dalam mesin digester. Buah kelapa yang sudah dipisahkan dan dilumatkan oleh long arm dan short arm kemudian akan didorong oleh pisau pendorong yang biasa dibesbut dengan expeller arm ini. Sehingga bisa disimpulkan bahwa pisau pendorong memiliki letak yang berada di dalam mesin digester pabrik kelapa sawit. Pemisahan minyak dengan buah pun dilakukan dengan mudah dan tidak membutuhkan waktu lama.

  1. Cara Perawatan Digester Pabrik

Untuk perawatan mesin digester sendiri sama dengan perawatan pada mesin pabrik kelapa sawit pada umumnya. Anda harus rajin untuk melakukan pengecekan secara rutin untuk bisa memastikan bahwa mesin digester bisa digunakan dengan baik. Tidak ada perbedaan perawatan baik short arm, long arm ataupun expeller arm digester. Anda harus memperhatikan mesin yang ada di dalam digester ini sehingga bisa berfungsi dengan baik.

  1. Membeli Sparepart Digester

Sparepart mesin yang digunakan di pabrik kelapa sawit sangat jarang ditemukan di Indonesia. Hal ini karena penjualan mesin masih sangat sedikit dan jarang sekali di jumpai. Namun masih ada beberapa penjual di Indonesia yang menjual sparepart mesin untuk pabrik sawit ini. Ada beberapa merek sparepart yang tersedia seperti PMT, timbmet, Khun Heng – Ykl dan lain sebagainya, anda bisa mencari penjual yang sudah ready stock beragam sparepart mesin digester.

  1. Mengenal Training dan Commosioning

Training merupakan pelatihan untuk mengoperasikan atau menjalankan mesin serta mengolah kelapa sawit. Pelatihan ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan dalam menjalankan mesin dan juga peralatan pengolahan minyak kelapa sawit. Sedangkan commissioning merupakan suatu proses yang dilakukan untuk menguji peralatan yang terinstal yang masih bekerja atau beroperasi. Kegiatan ini bertujuan untuk menguji peralatan yang terinstal yang masih bekerja.

Itulah ulasan mengenai sparepart digester yang memiliki fungsi untuk melumatkan daging kelapa dan memisahkannya dengan minyak kelapa sawit. Anda bisa menghemat waktu jika menggunakan alat ini karena bisa memisahkan biji atau inti buahnya. Buah kelapa yang pun akan diolah pun bisa diproses dengan baik dan menghasilkan minyak kelapa yang berkualitas bagus.

Leave a Reply