Bagian-Bagian yang Ada Pada Mesin Pencacah Tandan Kelapa Sawit

Dalam proses pengolahan kelapa sawit, ada banyak stasiun yang dilewati dan juga ada banyak mesin yang dilalui untuk setiap prosesnya. Mesin pencacah atau mesin shredder ini akan membantu proses pengolahan kelapa sawit, dan berfungsi untuk merajang atau menghaluskan kelapa sawit. Bukan hal yang sulit untuk menemukan produsen yang jual pencacah tandan kosong sawit, apalagi kini semakin banyak pabrik kelapa sawit yang ada di Indonesia.

 

Cacahan tandan kelapa sawit akan menjadi bahan alternatif sebagai pembuat etanol dan kompos. Jika diolah dengan benar, maka tandan kelapa sawit akan menghasilkan etanol dalam jumlah tinggi. Bagi pemilik perkebunan kelapa sawit, mesin pencacah ini akan membantu pengolahan cacahan tandan kelapa sawit menjadi kompos yang membawa dampak positif yaitu ramah lingkungan dengan harga yang terjangkau. Jadi, keberadaan pihak yang jual shredder tankos sawit sangat banyak dicari.

Mesin pencacah tandan kelapa sawit sendiri umumnya dibagi menjadi dua bagian besar, yaitu conveyor dan juga gerigi yang berfungsi memasukkan dan menghaluskan tandan kelapa sawit kosong. Serta, bagian satu lagi adalah mesin pencacah yang memiliki 5 bagian penting, yaitu:

  • Mesin penggerak, yaitu mesin yang berwujud motor listrik atau motor diesel yang akan memasok energi dan juga menggerakkan mesin
  • V-belt, yaitu bagian yang akan menjadi penghubung mesin dan juga gearbox dan juga transmisi daya dari mesin penggerak
  • Rangka, yaitu bagian yang akan menyangga setiap komponen dan melindungi mesin. Rangka biasanya terbuat dari baja, jadi akan cukup kuat untuk menopang dan menjaga mesin agar tetap berdiri tegak
  • Gearbox, yaitu mesin yang akan mengubah putaran mesin menjadi gerakan naik – turun, serta mempunyai kekuatan yang lebih besar untuk mencacah
  • Pisau atau roll, yaitu bagian yang akan menjadi inti dari mesin perajang tandan sawit. Fungsinya sendiri adalah merajang tandan menjadi bagian yang lebih kecil.

Di mesin ini ada sepasang roll atau pisau yang terpasang di mesin, dan bergerak mengikuti ritme tertentu dan menjadikan rantai sebagai penghubung
Bukan hanya pihak yang jual perajang tandan kosong sawit yang banyak, namun jenis dari mesin perajang ini pun cukup banyak dan bervariasi. Jenisnya pun dibagi berdasarkan jenis, material, fungsi dan sistem. Mayoritas mesin pencacah ini menggunakan sistem shredder dan kombinasi yang akan mencacah dengan kekuatan yang cepat. Sistem shredder pun menjadi perhatian.

Secara jelas, fungsi utama mesin ini adalah mengatasi masalah tandan kelapa sawit yang menumpuk, dan akan mengubahnya menjadi barang yang memiliki nilai guna lebih tinggi. Jadi, bisa dipastikan mesin ini berperan besar dalam proses pengolahan kelapa sawit. Setiap bagian dalam mesin pun harus diperhatikan, agar tidak mengganggu proses pengolahan kelapa sawit tersebut. Jika terjadi kerusakan di bagian shredder, segeralah cari pihak yang jual shredder tankos sawit untuk mengatasi masalah yang ada. Pun dengan bagian-bagian lain yang ada di mesin ini.

Sistem kerja mesin ini yang sederhana semakin membuat pengusaha atau pihak perusahaan mencari mesin pencacah kelapa sawit. Tentu saja, dengan menggunakan mesin ini akan sangat menghemat tenaga manusia dan membuat tankos kelapa sawit dapat diolah dalam jumlah besar dalam waktu singkat. Spesifikasi mesin pencacah kelapa sawit yang banyak dijual di pasaran, adalah sebagai berikut:

  • Mesin penggerak, mesin diesel, atau motor listrik 20 PK
  • Sistem kerja shredder
  • Pisau, material secara khusus cold work too steel
  • Pisau panjang (as) berukuran 500 mm
  • Dimensi/ukuran 2500 x 1500 x 2200 mm

Mengingat mesin ini punya manfaat yang cukup besar di pabrik kelapa sawit, maka pastikan dapat dengan bijak dalam menggunakan mesin ini. Serta, dengan mudah menemukan pihak yang jual cutter plate shredder tankos sawit (yang menjadi pisau pencacah dan bagian inti dari mesin pencacah) bukan berarti bisa dengan tidak bijak dalam menggunakan mesin ini.

Banyaknya pihak yang jual shredder tandan kosong sawit membuatmu dimudahkan dalam memilih mesin sesuai kebutuhan.

25 Comments

  1. Everythinng published made ɑ bunch ߋf sense.
    But, ѡhat abοut tһіѕ? what if you were to wгite a awesome headline?
    I ain’t sayіng yоur cօntent isn’t goоd., but suppose үоu ɑdded something tһаt grabbed folk’ѕ
    attention? I mеan Bagian-Bagian yang Ada
    Pada Mesin Pencacah Tanda Kelapa pabrik sawit Bagian-Bagian yang Ada Pada Mesin Pencacah Tandan Kelapa Sawit – PT.
    Kharismapratama Abadisejatindo іs kinda vanilla. Yoou ouցht toо glance at
    Yahoo’s front page and see how theү create post headlines to gеt viewers tto ᧐pen the lіnks.
    You might ttry adding а video or а picfure օr tѡo to
    get people excited аbout what ʏou’ve written. Ꭻust mmy opinion, іt ѡould make your wbsite a little bit
    more interesting.

  2. Have you ever thouցht aƄout publishing ɑn e-book orr guest authoring
    оn ߋther websites? I haѵe a blog based
    оn the ѕame ideas yоu discuss ɑnd would love t᧐ һave yoou share somе stories/іnformation. I қnoԝ
    mmy readers ԝould enjo yoᥙr work. If you
    аre evеn remotely intеrested, feel free tⲟ ѕend
    me an е-mail.

    Feell free tо surf to my web bog limbah cair pabrik sawit

  3. Hi, yes this post is genuinely good and I have learned lot of things from it about blogging.
    thanks.

    Take a look at my web blog men’s shorts 7 inch inseam
    (Hung)

  4. I d᧐ nnot even қnow how I finished սp rіght hеre, but I ƅelieved thiѕ post used
    too be good. I do not recognize whо you might be butt сertainly yߋu’re going to а well-known blogger іn cаse yoᥙ aren’t
    ɑlready. Cheers!

Leave a Reply