Air Lock di Pabrik Kelapa Sawit

Indonesia menjadi salah satu negara yang memproduksi kelapa sawit dengan skala besar di dunia. Minyak kelapa sawit ini di gadang-gadang menjadi salah satu energi terbarukan untuk mengganti minyak fosil yang beberapa waktu mendatang di perkirakan akan semakin berkurang. Berbicara mengenai kelapa sawit tentunya tidak terlepas dari proses pengolahan yang di lakukan untuk memisahkan minyak dari buah sawit itu sendiri. Berikut ini merupakan salah satu proses pengolahan minyak sawit dengan menggunakan metode udara.

Pengolahan kelapa sawit

  1. Air lock di pabrik kelapa sawit

Untuk air lock  sendiri memiliki fungsi dan tujuan guna mengatur tekanan udara pada proses produksi. Serta proses pemisahan dengan menggunakan tekanan udara ini nantinya proses selanjutnya dilanjutkan dengan winnowing yang ada pada beberapa perangkat pengolahan kelapa sawit. Udara di butuhkan dalam melakukan pengolahan kelapa sawit ini dengan tujuan untuk memisahkan minyak. Agar minyak buah sawit yang telah di olah dapat terpisah dengan sempurna untuk menghasilkan hasil produksi terbaik.

  1. Fan blower di stasiun pabrik sawit

Dalam pengolahan pabrik kelapa sawit terdapat banyak mekanisme yang di lakukan dengan tujuan menghasilkan minyak kelapa sawit dengan mutu tinggi. Menggunakan Fan blower menjadi salah satu sistem pengolahan yang umum di gunakan pada beberapa pabrik pengolahan di negara kita. Karena pengolahan ini bertujuan untuk memisahkan minyak dari sumber minyak, bantuan udara menjadi solusi terbaik. Agar dapat menghasilkan jenis minyak kelapa sawit dengan mutu tinggi tersebut.

  1. Heater di kernel silo pabrik sawit

Sedangkan dalam penggunaan heater pada silo pabrik kelapa sawit merupakan proses pemisahan air. Agar nantinya air yang terkandung pada buah sawit tersebut tidak mengganggu kemurnian dari minyak. Maka proses ini di lakukan untuk menghilangkan air atau campuran air beserta korotoran, proses ini menjadi salah satu mekanisme wajib. Karena dalam setiap proses produksi minyak kelapa sawit hasil, nantinya hasil produksi tersebut terbagi dalam beberapa kelas melalui proses ini.

  1. Sparepart NOVENCO, NORDISK, HEATCRAFT, EAST FORCE pabrik sawit

Sparepart yang telah di sebutkan di atas merupakan beberapa merk fan atau kipas. Kipas atau fan  ini sendiri berfungsi menghasilkan angin untuk beberapa proses yang di lakukan pada pabrik. Beberapa merk atau jenis fan yang telah di sebutkan tersebut merupakan jenis yang seringkali di gunakan untuk menghasilkan udara bertekanan tinggi. Dengan tujuan pengeringan dari air atau proses pemisahan minyak dari sumber buah sawit itu sendiri.

  1. Air Separator SAWIPAC di pabrik kelapa sawit

Air separatos SAWIPAC merupakan jenis atau merk produk, yang di mana alat ini. Memiliki fungsi dan tujuan untuk membersihkan dan memisahkan minyak yang telah berhasil di pisahkan. Dalam hal ini adalah proses pemisahan minyak yang berhasil di proses dari pengolahan kelapa sawit dari buahnya. Jadi setelah proses ini di lakukan nantinya pihak produsen dapat menerima hasil produksi, yang  dalam hal ini adalah minyak kelapa sawit berkualitas.

Itulah beberapa jenis dan proses yang di lakukan untuk memisahkan minyak kelapa sawit dan buahnya. Semua proses produksi tersebut di lakukan agar nantinya mendapatkan hasil dengan mutu dan kualitas tinggi. Dalam beberapa waktu ke depan minyak kelapa sawit ini di gadang-gadang akan menggeser peran minyak fosil. Tidak mengherankan jika pihak Uni Eropa bebera waktu lalu melarang proses ini dengan tujuan agar mereka tidak tergeser dalam proses penjualan minyak terbarukan ini.


Leave a Reply