Agar Tidak Cepat Rusak, Yuk Simak Perawatan Genset Pada Pabrik Kelapa Sawit

Genset adalah salah satu alat yang pertama kali diciptakan oleh Rudoph Diesel yang terus berevolusi sesuai dengan perkembangan jaman dan teknologi. Penggunaan genset sendiri sangat penting untuk cadangan listrik sebuah perusahaan. Apalagi penggunaan genset yang ada di dalam sebuah pabrik kelapa sawit yang selalu membutuhkan listrik untuk produksinya. Agar tidak cepat rusak, yuk simak bagaimana perawatan genset yang tepat berikut.

 

Cara Perawatan Genset yang Tepat

Genset membutuhkan kebersihan yang harus dijaga agar tetap awet untuk digunakan. Bersihkan kotoran kotoran yang menempel seperti debu, minyak dan lain lain sehingga genset tidak mudah cepat rusak. Pada umumnya perawatan ini sangat mudah untuk dilakukan asalkan selalu rutin untuk menjaga kberrsihan dari genset itu sendiri.

Selain menjaga kebesihan penting kiranya untuk mengganti sparepart yang sudah aus termakan usia. Peggantian ini bertujuan agar tidak merembet ke beberapa bagian mesin yang lain. Beberapa sparepart yang perlu untuk diganti secara berkala adalah oli mesin, filter oil, filter udara, fuel filter, radiator dan lain sebagainnya.

Selanjutnya perawatan yang harus dilakukan adalah memastikan tersediannya sirkulasi udara yang baik. Anda harus memastikan jika meletakkan genset yang memiliki sirkulasi udara yang baik. Hal ini karena genset menghasilkan gas pembuangan, jadi apabila sirkulasi ruangan tidak baik gas tersebut akan sangat berbahaya untuk kesehatan.

Agar genset tetap awet anda juga harus rutin untuk melakukan pemeriksaan bahan bakar, agar selalu melakukan pengecekan bahan bakar sehingga genset dapat menyala dengan baik. Apabila tangki bahan bakar kering, maka sangat berbahaya jika genset dinyalakan. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan genset secara berkala agar memiliki kondisi yang prima ketika dinyalakan.

Cobalah lakukan pemanasan genset dengan menyalakannya sekitar 5 hinga 10 menit, yang bertujuan agar sistem pelumas oli dapat berjalan dengan baik. Perawatan genset dengan melakukan pemasaran waji dilakukan, agar gendet siap digunakan kapanpun. Terakhir pastikan jika genset sdah diperasikan dengan benar dan bacalah buku petunjuk dengan baik.

Tips Memilih Genset yang Berkualitas

Ada beberapa tips yang harus anda perhatikan ketika ingin membeli genset yang berkualitas. Pertama adalah mencari genset sesuai daya listrik yang dibutuhkan. Agar listrik untuk produksi bisa terpenuhi maka daya listrik genset harus lebih besar 30%. Apalagi untuk pabrik sawit yang membutuhkan genset dengan daya yang besar untuk proses produksi.

Hitunglah kebutuhan daya listrik sesuai dengan kebutuhan adalah tips selanjutnya untuk memilih genset. Apabila anda ingin memilih genset untuk kebutuhan rrumah, maka anda harus menghitung semua kebutuhan daya listrik yang ada di rumah anda. Apabila anda ingin menggunakan genset untuk industri maka lakukan perhitungan yang sesuai dengan kebutuhan industri anda.

Saat ini ada banyak sekali tipe genset yang menggunakan bahan bakar yang berbeda beda. Ada beberapa genset yang menggunakan bahan bakar bensin, solar dan gas. Oleh karenanya carilah genset yang menggunakan bahan bakar yang mudah didapatkan dan harga yang terjangkau. Anda juga harus memilih tipe generator yang sesuai dengan kebutuhan anda sebagai cara untuk memilih genset yang sesuai.

Nah itulah beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk memilih model genset yang sesuai dengan kebutuhan. Apabila anda ingin membeli genset untuk kebutuhan pabrik kelapa sawit, maka carilah genset yang memiliki daya yang besar. Hal ini karena mesin mesin yang digunakan pada pabrik kelapa sawit membutuhkan daya yang cukup besar. Sehingga akan membantu proses produksi pabrik kelapa sawit.

Leave a Reply