Agar Tidak Bocor Pada Pintu Rebusan, Yuk Simak Ulasan Sparepart Pintu Rebusan Sawit

Pabrik kelapa sawit merupakan salah satu pabrik yang terbesar yang ada di Indonesia. Banyak sekali hasil dari pabrik kelapa sawit yang siap untuk dijual di pasaran baik pasar nasional ataupun pasar internasional. Hal ini karena kebutuhan kelapa sawit semakin harinya semakin bertambah karena meruakan kebutuhan pokok setiap orang.

Adanya faktor kebutuhan inilah pabrik kelapa sawit membutuhkan mesin mesin yang canggih untuk mengolah kelapa sawit terbaiknya. Tentunya proses tersebut membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Namun dengan adanya mesin, semua proses tersebut menjadi lebih cepat untuk dilakukan. Salah satu alat terpenting adalah mesin perebusan yang mempunyai sparepart terlebih pintu rebusan di dalamnya. Yuk simak penjelasan selengkanya berikut.

Sparepart yang Ada di Pintu Rebusan Pabrik Kelapa Sawit

Salah satu mesin terpenting dalam pengolahan minyak sawit adalah mesin perebusan yang kerapkali dikenal dengan nama mesin sterilizer. Mesin tersebut memiliki banyak sekali fungsi dan yang paling utama adalah merebus kelapa sawit itu sendiri. Nah salah satu bagian yang penting dari sterillizer adalah pintu rebusan.

Fungsi lain dari perebusan itu sendiri adalah untuk memudahkan dalam melepaskan brondol buah sawit dari tandan buah segar. Selain itu mesin ini juga memudahkan kernel atau bagian dalam kelapa supaya mudah untuk dilepas dari cangkangnya. Artinya perebusan ini merupakan bagian awal sebelum cangkang kelapa benar benar terlepas dari cangkang.

Tak hanya itu, fungsi dari perebusan juga untuk menghilangkan enzim yang menghasilkan ALB atau asam emak bebas dari kelapa. Sehingga aman untuk dikonsumsi dan dijadikan bahan utama untuk makanan di rumah anda. Oleh karenanya penting sekali untuk sebuah rumah produksi kelapa sawit memberikan sterillizer yang bisa membuat minyak kelapa sawit lebih sehat dan aman dikonsumsi.

Karet Rebusan PKS Ukuran 1200 mm Sampai 3200 mm

Seperti sudah dijelaskan bahwa pintu rebusan memiliki peran untuk membantu proses perebusan agar berjalan dengan lancar. Oleh karenanya pintu perebusan ini harus selalu di cek secara berkala untuk memantau apakah fungsinya tetap berjalan optimal. Umumnya terdapat lima jenis karet pintu rebusan yang biasa digunakan yaitu 1200 mm, 1750 mm, 2100 mm, 2700 mm dan 3200 mm.

Masing masing ukuran ini haruslah disesuaikan dengan ukuran pintu rebusan yang sesuai. Sehingga akan bisa berjalan sesuai dengan fungsinya. Komponen dalam mesin strelizer yang bernama pintu rebusan tersebut memiliki seal yang khusus untuk menjaga performa mesin tersebut. Ethylene Propylene Diane Monomer atau EPDM adalah salah satu contoh gasket yang dipakai sebagai lapisan sambungan antara sparepart mesin.

Selain itu gasket juga berfungi untuk menahan kebocoran atau bisa dibilang sebagai penghambat sementara sebelum terlambat. Tak hanya EPDM namun terdapat pula gasket atau bahan lain yang ada di mesin ini yaitu BUNA. Perlu diperhatikan bahwa mesin pintu rebusan ini merupakan tahap awal sehingga harus selalu dilakukan perawatan mesin yang sesuai. Jangan sampai alat ini bermasalah karena akan membuat proses produksi bermasalah.

Itulah ulasan mengenai sparepart pabrik yang membantu untuk proses produksi sebuah pabrik kelapa sawit. Tanpa adanya sparepart yang memadai maka produksi akan terhambat dan tidak bisa bekerja dengan maksimal. Sparepat pintu rebusan karet memiliki fungsi untuk memudahkan melepaskan pelepasan cangkang buah kelapa sawit dengan daging kelapa sendiri. Sehingga tidak memakan waktu produksi yang lama.

Leave a Reply